Rabu, 19 September 2012

metodologi penelitian

Metodologi Penelitian Populasi dan sampel Populasi adalah sekelompok individu yang mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel. Menurut arikunto (1998 :107), apabila subyeknya kurang dari 100 orang, maka lebih baik diambil semuanya. Sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Apabila subyeknya besar dapat diambil yaitu antara 10 % - 15% atau lebih. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah seluruh masyarakat Surakarta kecamatan Pasar Kliwon. Sampel secara sederhana dapat diartikan sebagai bagian dari populasi yang menjadi sumber data sebenarnya dalam penelitian atau dapat diartikan sebagai “bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi” (Sugiyono, 1999 : 73). Adapun tekhnik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik dengan pendekatan Area sampling yaitu tekhnik sampling dengan pendekatan area atau wilayah. Maka dari sejumlah populasi diatas, peneliti mengambil sampel sebanyak 100 orang dari jumlah populasi untuk dijadikan sebagai sampel. Data dan Sumber Data 1. Jenis data yang digunakan a. Data primer Pengertian…… Data yang diperoleh dari responden melalui kuosioner mengenai kualitas pelayanan dan kualitas produk yang diinginkan masyarakat. b. Data sekunder Pengertian……. Adapun yang menjadi data sekunder dalam penelitian ini adalah buku-buku tentang manajemen pemasaran, buku-buku tentang penelitian, makalah, majalah/ Koran, skripsi sebelumnya. c. Tekhnik pengumpulan data Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket. Angket merupakan sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden laporan tentang pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui. Data yang digunakan data intern yang merupakan data yang dikumpulkan dari hasil kuesioner atau angket yang diberikan kepada masyarakat Surakarta. LATAR BELAKANG Lembaga keuangan seperti perbankan merupakan instrument penting dalam memperlancar jalannya pembangunan suatu bangsa. Saat ini perbankan syariah telah memasuki persaingan berskala global, merupakan suatu tantangan yang harus dihadapi dan ditangani oleh bank syariah untuk dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa melalui pemberdayaan ekonomi umat. Banyaknya bank syariah yang berdiri, konsumen akan dihadapkan pada banyak pilihan akan produk bank syariah yang ditawarkan. Bagi calon nasabah pelayanan yang bermutu sangatlah penting. Menurut………, kualitas pelayanan sangat penting….. Kualitas dan kepuasan pelanggan berkaitan erat. Kualitas memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan yang kuat dengan perusahaan. Ikatan seperti ini dalam jangka panjang memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan seksama harapan dengan seksama harapan pelanggan serta kebutuhan mereka, dengan demikian perusahaan tersebut dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dimana perusahaan memaksimumkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan dan meminimumkan pelanggan yang kurang menyenangkan. Kualitas pelayanan adalah……………… Kepuasan pelanggan dalam bidang jasa merupakan elemen penting dan menentukan dalam menumbuhkembangkan perusahaan agar tetap eksis dalam menghadapi persaingan. Demikian pula dengan bisnis perbankan, merupakan bisnis yang berdasarkan asas kepercayaan. Hal itu juga terjadi di bank JATENG Syariah Cabang Solo sebagai tempat penelitian ini Bank JATENG syariah cabang Solo sebagai salah satu lembaga kepercayaan masyarakat harus menjaga kemurnian syariah dalam setiap produk dan pelayanannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar